Langsung ke konten utama

Jurnal Dagang Saham, 30 Januari 2023

Record saya terbaru kembali terpecahkan. Pada hari ini di sesi 1 alhamdulillah sudah net sell di 34 emiten. Ada dua emiten yang lupa pasang sell, yang harusnya bisa net sell akhirnya gak jadi terjual, karena harga sahamnya kembali turun. Hehehe.

Sistem yang saya pakai saat ini merupakan sistem tebar jala ala Logicuan. Beli saham dengan nilai hampir sama berdasarkan rupiah. Mana saham yang mau atau sudah mantul dari titik support saya ambil satu tik di atasnya, kemudian saya pasang posisi jual langsung beberapa tik di atasnya. 

Saya pun menggunakan beberapa RDN sekaligus, ada IPOT, MOST (dua akun) dan Valbury Sekuritas. 

Jika dilihat dari saham yang saya masuk, merupakan saham-saham yang saya sangat nyaman untuk perdagangkannya. 

Hal menarik yang saya dapatkan juga pengalaman pada hari ini adalah jangan pernah ragu untuk masuk, jika sudah melihat formasi serang suatu saham. 

Ada peluang datang dari PNIN saya harusnya bisa masuk di 1500. Sampai akhir sesi 1 pada hari ini saham tersebut sudah pernah terbang sampai di angka 1615. 

NICL juga demikian, ketika harganya tadi menyentuh 182 ada saya beli aja minimal di 183 itu udah bisa cuan lagi untuk kedua kalinya dari saham ini. Harga paling tinggi di akhir sesi 1 pada hari ini untuk saham NICL sampai menyentuh di titik 192.

Demikian juga dengan BCIP yang juga bisa saya berkesempatan untuk cuan kedua kalinya dengan Buy di 66 dan jual beberapa tik di atasnya saja. Posisi paling tinggi yang dicapai BCIP pada hari ini sampai akhir penutupan sesi 1 adalah 70. 

Beberapa kali terakhir ini saya melihat suatu karakteristik suatu saham yang akan naik. Hal ini saya dapatkan mungkin karena saya sering memperhatikan order book dari saham-saham tersebut. 

Dahulunya saya sering lihat mana transaksi yang "DONE" sekarang alhamdulillah saya jarang cek menu transaksi yang sudah berhasil tersebut. 

Dari transaksi yang sudah berhasil ini saya jadi tahu saat ini orang pada jualan atau pada akumulasi. Jika banyak yang akumulasi, maka saya akan ikut, jika tidak saya akan tunggu satu tik di atas supportnya.

Tebar jala seperti ini membuat saya sangat nyaman dan pilihan sahamnya yang juga saya sangat sukai. 

Sekali lagi saya tidak masuk di semua saham ya, namun di saham-saham yang saya secara pribadi sangat suka. Apakah suka karena fundamentalnya bagus atau saham yang pergerakannya saya sudah hafal polanya.  

Berikut list transaksi dagang saham saya pada hari Senin, 30 Januari 2023 hingga sesi I berlangsung :


No Emiten Buy Sell
1 BCIP 70 71
2 MDLN 83 84
3 ASRI 161 163
4 BIPI 152 154
5 IPTV 61 63
6 DILD 160 162
7 GOTO 115 117
8 MPPA 137 139
9 PNLF 446 452
10 PSAB 125 127
11 SMDM 178 180
12 KPIG 83 84
13 SMDM 176 180
14 ASRI 164 166
15 IPTV 61 62
16 JKON 129 131
17 BCIP 67 68
18 PNLF 448 456
19 GPRA 100 101
20 MPPA 138 140
21 PNLF 450 458
22 KPIG 83 84
23 DILD 161 163
24 SSIA 430 436
25 CSIS 63 64
26 GZCO 113 115
27 MPPA 136 140
28 MPPA 138 141
29 MPPA 140 143
30 PNLF 454 460
31 NICL 186 189
32 NICL 187 189
33 IPTV 62 63
34 GPRA 100 102

Baca Juga : Jurnal Dagang Saham Jumat, 27 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Open Sama Dengan Low

Pada hari kedua sebagai full time trader, saya mencoba ilmu dari pak Vier. Open sama dengan Low. Ilmu ini sebenarnya udah lama saya ketahui, sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai Full Time Trader. Namun, belum tahu cara penerapannya secara langsung seperti apa. Pagi ini saat tulisan ini saya buat, saya udah berhasil menemukan pengaplikasian caranya. Ini pun ketika saya melihat instagram emak emak cuan salah satu muridnya pak Vier juga. Ternyata lebih mudah menerapkan strategi ini di aplikasi perusahaan Mirae Sekuritas. Mobile Apps-nya juga bisa diterapkan strategi ini.  Pada pukul 08.55 Wib saya buka aplikasi dan mulai ambil menu Stock Rangking. Tunggu hingga pukul 09.00 Wib, kemudian akan keluar data, tinggal kita lihat mana nilai Opennya sama dengan nilai Low.  Ketika data ini keluar, saya catat satu persatu. Kemudian buka Order Book, ketik kode emiten, langsung hajar kanan (Haka). Gak sampai 5 menit akan langsung kelihatan saham tersebut terbang di atas 1 persen. Langsung saja sa

Udah Pernah Coba Kredit Pensiun di Bank MANTAP?

Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan teman yang pernah bekerja dengan saya di salah satu bank BUMN. Sekarang beliau bekerja di Bank MANTAP, yang kepanjangannya Mandiri Taspen Pos. Beliau bertugas untuk memberikan kredit kepada Bpk/Ibu yang sudah pensiun. Makanya, beliau sering mangkal di kantor pos besar dan kantor Taspen. Beliau bercerita panjang terkait bank MANTAP ini. Katanya, banyak kemudahan dan pinjaman dengan plafon yang cukup tinggi, sampai 350 juta yang ditawarkan. Kalau di kota Padang, Bank MANTAP baru buka sekitar awal tahun 2016 ini. Alamat kantor di Padang Di Jl. Proklamasi Padang sebelah Datascrip dan Roti Boy. Alamat kantor pusatnya berada di Jl. Melati no. 65 Denpasar Bali.  Di profil perusahaan, bank ini dahulunya adalah Bank Sinar Harapan Bali. Bank Sinar Harapan Bali adalah anak usaha dari bank Mandiri. Kemudian, masuk PT.POS dan PT. Taspen sebagai pemegang saham, makanya sekarang bank Sinar Harapan Bali berganti nama menjadi Bank Mandiri Taspen Po

10 Hal Sifat Uang Yang Membuat Anda Bisa Dikejar-kejar Uang Ala TOM MC Ifle

Postingan kali ini saya dapatkan dari channel pak Tom MC Ifle. Channel beliau sangat bagus, banyak ilmu dan motivasi sukses yang dahsyat. Silahkan subscribe dan bunyikan lonceng notifikasinya, agar Anda segera bisa dapatkan update ilmu dari beliau. Berikut rangkumannya ya sobat, semoga bermanfaat. ***  Uang tidak boleh dijadikan goal, seandainya anda mengejar uang, maka anda akan semakin miskin tidak hanya itu anda juga bisa dikuasai oleh uang. Uang harus dijadikan jembatan bukan tujuan. Jangan sampai anda gaji bertambah, hutangpun bertambah gede, bahkan bertambah banyak masalah. Anda harusnya bisa menggunakan uang, membuat anda menjadi tuan atas uang anda tersebut. Maka uang tersebut justru akan bekerja keras buat anda.   1.    Uang suka orang yang spesifik   Orang yang memiliki keinginan yang spesifik, coba ambil kertas dan tulis segala keinginan anda yang spesifik. Buat 10-30 keinginan yang ditulis detail untuk terjadi di tahun 2020 ini misalnya. Income tahun ini berapa? Property be